Wirausaha ~ Pertimbangan Didalam Menentukan Lokasi

Penentuan lokasi harus dilakukan pertimbangan yang matang. Kesalahan dalam menentukan lokasi akan berakibat fatal bagi suatu usaha. Kerugian yang diderita perusahaan sangatlah besar. Oleh karena itu, prioritas untuk menentukan lokasi sebelum ditetapkan perlu dianalisis secara baik.

Prioritas utama untuk menganalisis masalah lokasi adalah penentuan tujuan untuk lokasi jenis apa, apakah untuk kantor pusat, lokasi canbangkah, lokasi pabrikkah, penentuan tujuan lokasi jenis apa, apakah untuk kantor pusat, lokasi cabang, lokasi pabrik atau lokasi gudang. Masing-masing memiliki pertimbangang sendiri, misalnya apakah lokasi harus dekat dengan konsumen atau bahan baku. Lokasi yang sulit dijangkau konsumen akan sangat berbahaya bagi kehidupan perusahaan. Demikian pula lokasi yang terlalu jauh dar bahan baku akan menambah beban biaya, baik biaya transportasi maupun biaya lainnya, Oleh karena itu, penentuan lokasi harus tepat sasaran dengan berbagai pertimbangan. Secara umum pertimbangan untuk menentukan lokasi adalah sebagai berikut:
  1. Jenis usaha yang dijalankan
  2. Dekat dengan konsumen atau pasar
  3. Dekat dengan bahan baku
  4. Ketersediaan tenaga kerja
  5. Sarana dan prasarana (Transportasi, Listrik, dan Air)
  6. Dekat lembaga pemerintahan
  7. Dekat dengan lembaga keuangan
  8. Berada dikawasan industri
  9. Kemudahan untuk melakukan ekspansi atau perluasan
  10. Kondisi adat istiadat, budaya dan sikap masyarakat setempat
  11. Hukum yang berlaku diwilayah setempat
  12. Dan pertimbangan lainnya
Untuk lokasi kantor pusat pertimbangan utamanya adalah berada di ibukota Negara atau propinsi yang tentunya dekat dengan pusat pemerintahan dan lembaga keuangan, tersedia sarana dan prasarana, serta dekat dengan pasar.

0 Response to "Wirausaha ~ Pertimbangan Didalam Menentukan Lokasi"