Iklan Terlarang yang Pernah Ada Di Dunia

Oke kali ini saya akan membahas tentang iklan yang pernah dilarang di dunia karena kontroversinya. Sebenarnya apa sih fungsinya dari iklan itu sendiri? Iklan merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk yang kita jual atau buat. Iklan itu sendiri membutuhkan sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan iklan tersebut. Namun sudah banyak iklan-iklan yang bermunculan tidak sesuai dengan norma kadang pula bertentangan dengan nilai sosial di mata masyarakat. Iklan yang melanggar tersebut pastinya akan mendapat sanksi.



Di Indonesia sendiri iklan merupakan pusat penting yang digunakan para produsen untuk memasarkan produknya. Semakin banyak iklan semakin laris pula barang yang dijual oleh produsen. Itu lah Indonesia. Di Indonesia sendiri periklanan sudah diatur oleh Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (PPS) yang dinaungi oleh KPI (Komisi Penyiaran Iklan). 


Lalu apa saja iklan yang sudah di block atau di blacklist atau dihapus di dunia ? Yuk kita simak

  • Killer Heels NMA (Inggris Raya)

Jika kita melihat dari gambarnya sudah jelas iklan ini bergambar orang yang mati tertusuk dari heels tersebut. Dengan begitu kita bisa menyimpulkan iklan ini mengandung unsur kekerasan yang seharusnya tidak perlu diperlihatkan di media yang ditonton berjuta-juta manusia.

  • Kiss Tobacco (Israel)

Yang selanjutnya yaitu iklan rokok yang di produksi oleh Amerika Serikat dilarang menayangkan produknya di Israel. Dikarenakan iklan mengandung gambar yang senonoh atau tidak baik untuk ditayangkan. Dengan senonohnya iklan rokok ini membuat iklan ini dilarang menayangkan di Israel.

  • Gucci (Inggris Raya)

Gucci merupakan perusahaan fashion raksasa dari Italia. Gucci pernah menayangkan iklan yang senonoh juga dan dengan iklan yang senonoh itu iklan Gucci dilarang untuk ditayangkan.

  • The Breast Cancer Fund (Amerika Serikat)

Iklan ini bercerita tentang kanker payudara dan terpaksa di larang untuk ditayangkan dikarenakan menunjukkan luka bekas mastektomi yang kalau kita lihat sangat menjijikkan.

  • NO2ID (Inggris Raya)

Lagi-lagi iklan ini dilarang untuk ditayangkan karena salah satu aktor iklan yang bernama Tony Blair ini dipasangi barcode pada atas bibir. Dan barcode ini membuat Tony Blair menjadi mirip dengan aktor diktator Nazi Adolf Hitler.

  • Anti Rokok Towers (China)

Iklan ini merupakan iklan kampanye anti rokok yang dilarang oleh China. Mengapa? Karena China merupakan produsen Rokok dan juga konsumen terbesar di dunia.

  • Iklan Dari Departemen Kesehatan (Inggris)

Departemen Kesehatan saja dilarang iklannya oleh pemerrintah Inggris Raya, dikarenakan iklan ini terlalu mengerikan dan bisa membuat takut anak-anak.


Itu dia merupakan iklan yang dilarang di dunia. Memang benar iklan itu harus dibuat secara kreatif agar memicu orang untuk ingin membeli produk yang diiklankan tersebut. Namun Iklan harus menaati aturan yang ada. Terimakasih sudah berkunjung.


0 Response to "Iklan Terlarang yang Pernah Ada Di Dunia"