Teknik Menentukan Lokasi dan Layout Seorang Wirausaha

Lokasi merupakan tampat melayani konsumen, dapat pula diartikan sebagai tempat untuk memajangkan barang-barang dagangannya. Konsumen dapat melihat langsung barang yang diproduksi atau dijual berbagai jenis, jumlah maupun harganya. Demikian dapat pula diartikan sebagai tempat untuk memajangkan berang-barang dagangannya. Konsumen dapat melihat langsung barang yan diproduksi atau dijual berbagai jenis, jumlah maupun harganya. Dengan demikian konsumen lebih mudah memilih dan bertransaksi atau melakukan pembelanjaan terhadap prosuk yang akan ditawarkan secara langsung.
Sebagai tempat produksi, lokasi digunakan untuk memproduksi atau mengahsilakn produk baik barang maupun jasa. Lokasi ini kita kenal dengan nama pabrik. Dalam lokasi ini aktivitasnya jelas, mulai dari proses kedatangan bahan baku, pengolahan, sampai dengan pengiriman ke konsumen atau gudang.

Sebagai tempat mengendalikan aktivitas perusahaan, Lokasi juga berpfungsi sebagai tempat pertemuan antara berbagai belah pihak yang berkepentingan dalam perusahaan. Lokasi ini kita kenal dengan nama kantor pusat. Kantor pusat digunakan sebagai tempat untuk membuat perencanaan untuk berbagai aktivitas usaha, serta membuat laporan usaha kepada berbagai pihak. Kanto pusat juga memiliki wewenang untuk memutuskan sesuatu yang memiliki nilai strategis.

Beragam lokasi yang dapat dimiliki perusahaan disesuaikan pula dengan kebutuhan perusahaan. Pendirian suatu lokasi harus memikirkan nilai pentingnya karena akan menimbulkan biaya bagi perusahaan. Penentuan suatu lokasi juga harus tepat sasaran karena lokasi yang tepat akan memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan, baik dari segi finansial maupun non finansial. 

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa lokasi digunakan untuk berbagai keperluan perusahaan. Pemilihan lokasi tergantung dari jenis kegiatan usaha atau investasi yang dijalankan. Setiap perusahaan paling tidak memiliki 4 lokasi yang dipertimbangkan sesuai keperluan perusahaan, yaitu:
  1. Lokasi untuk Kantor Pusat
  2. Lokasi untuk Pabrik
  3. Lokasi untuk Gudang
  4. Lokasi untuk Kantor Cabang

0 Response to "Teknik Menentukan Lokasi dan Layout Seorang Wirausaha"