Proses Produksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU)

Pada dasarnya Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap merupakan gabungan antara Turbin Gas (PLTG) dan Turbin Uap (PLTU) yang disebut siklus ganda (Combined Circle). Tujuan utama dari pembangkit kombinasi tersebut yaitu untuk meningkatkan efisiensi thermal yang cukup tinggi mencapai 50%. Hal ini dikarenakan pertumbuhan akan energi listrik (PLTG) mempunyai efisiensi thermal rendah yaitu 30%. Sehingga dibutuhkan suatu pembangkit listrik dengan siklus kombinasi yang menghasilkan energi lebih besar.

Proses Produksi dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Compressor menghisap udara bebas yang masuk melalui filter, kemudian menekannya kedalam ruang bakar.
  2. Udara bertekanan dalam gas alam dibakar didalam ruang bakar dan menghasilkan gas panas bertekanan tinggi yang diarahkan ke sudu-sudu turbin oleh nozzle.
  3. Turbin berputar akibat pancaran gas panas terarah pada sudu-sudunya, daya putaran turbin menggerakkan generator.
  4. Generator yang digerakkan oleh turbin gas menghasilkan energi listrik.
  5. Gas panas yang keluar dari turbin gas (exhaust gas) masuk ke HRSG guna memanaskan air.
  6. LP BFP (Low Pressure Boiler Feed Pump) memompa air dari daerator ke LP Economizer dan HP BFP (High Pressure Boiler Feed Pump) ke LP Evaporator selanjutnya uap yang dihasilkan LP Evaporator dialirkan kembali ke LP Drum.
  7. Air dalam Economizer dialirkan ke LP Drum untuk kemudian di pompa oleh LP BCP (Low Pressure Boiler Circulating Pump) ke LP Evaporator selanjutnya ua yang dihasilkan LP Evaporator dialirkan kembali ke LP Drum.
  8. Air dalam HP Economizer dialirkan ke HP Drum untuk kemudian dipompa oleh HP BCP (High Pressure Boiler Circulating Pump) ke HP Evaporator selanjutnya uap yang dihasilkan HP Evaporator dialirkan ke HP Drum.
  9. Uap dari LP Drum dialirkan ke LP Steam Turbin guna menggerakkan sudu-sudu Turbin LP
  10. Uap dari HO Drum dialirkan ke Superheater untuk mendapatkna uap kering. Kemudian uap tersebut dialirkan ke HP Steam Turbin guna menggerakkan sudu-sudu turbin HP. Selanjutnya uap dari HP dialirkan ke turbin LP guna menggerakkan sudu-sudu turbin LP.
  11. Generator yang digerakkan oleh turbin uap (HP dan LP) menghasilkan energi listrik.
  12. Dalam kondensor uap dari turbin mengalami pengembunan air, hasil dari pengembunan dipompa oleh CEP (Condensate Extrction Pump) ke Preheater.
  13. Setelah dipanaskan ke dalam Preheater, air tersebut dialirkan ke daerator.
Penggabungan turbin gas (PLTG) dan tubin uap (PLTU) memanfaatkan gas sisa hasil pembakaran yang masih bersuhu cukup tinggi (1000 derajat F atau 500 derajat C) yang keluar dari Exhaust turbin gas guna memanaskan HRSG atau ketel uap, akan dapat dicapai efisiensi thermal yang keseluruhan relative tinggi dari suatu instalasi Power Plant.

0 Response to "Proses Produksi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU)"