9 Hal yang Tidak Boleh Dilanggar Saat Pendakian

Sudah banyak pendaki gunung yang ada pada saat ini, dan rata-rata kegiatan itu banyak digemari oleh kaum muda atau kalangan remaja. Banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan pada saat pendakian di gunung. Apa saja itu? Yuk kita simak..



1. Jangan Memaksakan Diri (EGO)

Berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan selama ini, didalam mendaki gunung kita pasti mempunyai teman yang selalu berambisi untuk mencapai puncak, ada pula yang egois, dan yang paling parah tidak memperdulikan teman yang tidak kuat untuk melanjutkan perjalanan. Perlu kita ketahui, ketika kita berada di alam bebas atau di gunung, keselamatan lah yang paling terpenting. Saling menjaga dan saling mengerti. Dan satu yang paling penting, lihat juga kondisi cuaca, bila kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan, alangkah baiknya tidak melanjutkan perjalanan tersebut.



2. Jangan Sampai Tertinggal Dari Rombongan

Didalam melakukan pendakian bersama dengan rekan rekan yang lain perlu diperhatikan agar tetap menjaga kekompakkan serta keutuhan rombongan. Mungkin anda sudah mengerti bagaimana ketika ditengah perjalanan ada beberapa orang yang terlalu egois hanya mementingkan dirinya sendiri. Intinya kalau ada orang yang seperti itu. Udahlah besok-besok kalau mau mendaki lagi jangan diajak. Karena kalau diajak lagi hanya bisa merepotkan yang lain. Hahaha....



3. Jangan Merusak Tanda Pada Jalur Pendakian

Merusak tanda di jalur pendakian adalah sikap yang tidak tepat dan terlalu kekanak-kanakan. Tanda tersebut dibuat pleh petugas perhutani ataupun relawan untuk memudahkan kalian didalam melakukan pendakian.



4. Lapor Terlebih Dahulu Kepada Pihak Penjaga Sebelum Melakukan Pendakian

Ini merupakan hal yang tidak patut dilakukan oleh seorang pendaki. Karena ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada saat perjalanan petugas tidak akan bertanggung jawab atas hal itu. Dan itu akan merugikan diri anda sendiri.

5. Jangan Merusak Tanaman Yang Ada Ataupun Membunuh Hewan

Seperti yang telah beredar berita terbaru tentang pencabutan bunga edelwies di gunung rinjani. Itu merupakan hal buruk yang dilakukan oleh pendaki tersebut. Jagalah semua yang ada di gunung dan jangan sekali kali kalian merusaknya.


6. Membuat Jalur Sendiri

Ini merupakan hal paling lucu ketika anda melakukan pendakian. Bagaimana tidak lucu, Anda sudah dibuatkan jalur yang enak, tetapi anda malah mencari jalur lain dengan alasan kalau kalian seorang pendaki sejati. Itu salah besar, yang ada kalian malah tersesat dan tak tahu arah jalan pulang.

7. Jangan Membuang Sampah Sembarang

Seorang pendaki pastinya harus paham tentang hal ini. Tidak meninggalkan apapun kecuali jejak kaki kalian. Bawalah turun kembali sampah yang kalian hasilkan dari sisa sisa makanan ataupun botol minuman dan lain-lain. Gunung bukanlah tempat sampah yang dengan enaknya anda membuang sampah disana.

8. Jangan Mencemari Sumber Air yang Ada

Sumber air merupakan kehidupan bagi para pendaki lainnya. Janganlah kalian mencaemrai atau mengotori sumber air tersebut. Pakailah air tersebut dengan bijak.

9. Hindari Berpikir Negatif

Yang terakhir adalah Larangan untuk berpikiran negatif. Sikap dan cara berpikir positif harus kita kembangkan dan kita jaga selama melakukan pendakian. Selalu berdzikir, karena tidak ada yang bisa menolong kita selain Allah SWT.


Semoga artikel yang saya bagi ini bermanfaat bagi Anda seorang Pendaki Sejati! 

0 Response to "9 Hal yang Tidak Boleh Dilanggar Saat Pendakian"