10 Trik Efektif dan Cara Efisien Menata Meja Kerja

Punya meja kerja yang nyaman dan fungsional tentu hal yang sangat penting. Bayangkan saja, Anda akan selalu menghabiskan banyak waktu disana. Jadi, agar semangat bekerja terus menyala, tak ada salahnya menata kembali meja kerja Anda. Yuk, ikuti beberapa tips sederhana berikut ini:



1. Tata Letak Efisien

Meja kerja sebaiknya ditata seefektif dan seefisien mungkin untuk melancarkan pekerjaan Anda. Karena itu, sebaiknya penataan meja harus simpel dan semua benda serta perlengkapan bisa diakses dengan satu uluran tangan.

2. Jarak Layar Monitor

Layar monitor harus sejajar dengan mata dan jaraknya kurang lebih 40 cm dari tubuh Anda. Letakkan benda-benda yang sering digunakan, misalnya telepon dan perlengkapan alat tulis di sisi kanan.

3. Kelompokkan Menurut Frekuensi

Alat yang digunakan setiap hari seperti paper clip, pulpen, label, post it, selotip atau stapler bisa diletakkan diatas meja. Namun benda yang digunakan sesekali, sebaiknya disimpan dilaci meja.

4. Sticky Note

Menempel kertas kecil di bingkai layar monitor Anda, sudah tidak efektif lagi. Lebih baik, sticky note digunakan untuk pekerjaan penting yang memang harus dilakukan saat itu juga. Selebihnya, susun rencana kerja di sebuah buku agenda.

5. Tambahkan Tanaman Hijau

Percaya atau tidak, tanaman membuat orang lebih bahagia dan merasa tenang. Adanya tanaman hiaju di meja kerja seperti membawa suasana luar ruangan ke atas meja. Pilih tanaman yang tidak perlu disirami setiap hari.



6.  "Mantra" Positif

Gantungkan atau tempel hiasan berisi "mantra" atau kalimat-kalimat positif disekitar meja Anda. Mengelilingi diri Anda lebih produktif dan percaya diri

7. Barang Personal

Meletakkan foto keluarga di meja kerja memang ide yang bagus dan sangat lumrah dilakukan. Namun, agar tidak bosan, foto-foto tersebut sebaiknya diganti secara berkala. Tak hanya foto keluarg, Anda juga bisa memajang foto kenangan-kenangan saat kuliah, foto ketika menang lomba atau tokoh kartun favorit yang bisa membuat Anda tertawa.

8. Sapce Kosong

Siapkan space kosong selebar kertas di meja sisi kanan. Space kosong ini berguna untuk Anda ketika ingin menandatangani berkas atau mengatur lagi berkas-berkas yang telah selesai dikerjakan.

9. Atur Secara Berkala

Meja kerja yang sudah ditata rapi, perlu juga dipelihara. Sebaiknya setiap minggu, atur lagi meja kerja Anda. Pastikan semua barang diletakkan di tempat semula dan hanya peralatan yang penting yang ada diatas meja.

10. Tempat Sampah

Hal kecil ini jangan sampai terlupakan. Tempat sampah yang ada disekitar meja membuat Anda terhindar dari kebiasaan menumpuk sampah diatas meja.


0 Response to "10 Trik Efektif dan Cara Efisien Menata Meja Kerja"