Bagian Bagian pada Kompressor Torak yang Harus Diketahui (Teknik Mesin)

Bagian-bagian kompresor torak

Adapun bagian-bagian utama kompresor secara garis besar terdiri dari perangkat pemampatan dan perangkat penggerak bagian-bagian akan diuraikan sebagai berikut :

1.      Silinder dan kepala silinder

Silinder mempunyai bentuk silinder dan merupakan bejana kedap udara dimana torak bergerak bolak-balik untuk menghisao dan memampatkan udara, silinder harus cukup kuat untuk menahan tekanan yang ada untuk tekanan kurang dari 50 kg/cm2 (4,9 Mpa) umumnya dipakai besi cor sebagai bahan silinder.

Permukaan dalam silinder harus disuperfinis sebab cincin torak akan meluncur pada permukaan ini. Untuk memancarkan panas yang timbul dari proses kompresi, dinding luar diberi sirip-sirip. Sirip-sirip ini dimaksud untuk  memperluas permukaan yang memancarkan panas pada kompresor dengan pendinginan udara. Kompresor dengan pendinginan air dilengkapi dengan selubung air di dinding luar silinder.

Tutup silinder (atau kepala silinder) terbagi menjadi dua ruangan, satu sebagai sisi isap dan yang lain sebagai sisi keluar. Sisi isap dilengkapi dengan katup isap dan pada sisi keluar terdapat katup keluar. Pada kompresi kerja ganda terdapat tutup atas silinder dan tutup bawah silinder sebagaimana pada silinder, tutup silinder juga harus cukup kuat untuk menahan tekanan.

2.      Torak dan cincin torak

Torak harus cukup tebal untuk dapat menahan tekanan dan terbuat dari bahan yang cukup kuat. Untuk mengurangi gaya inersia dan getaran yang ditimbulkan oleh gerakan bolak-balik, torak harus dirancang dengan seringan mungkin. Bentuknya juga harus sesuai untuk dapat mengatasi pengaruh pemuaian karena pemanasan pada langkah kompresi.

Cincin torak dipasang pada alur-alur di keliling torak dan berfungsi mencegah kebocoran antara permukaan torak dan silinder. Jumlah cincin torak bervariasi tergantung pada perbedaan tekanan antara sisi atas dan sisi bawah torak. Tetapi biasanya pemakaian 2 sampai 4 cincin dapat dipandang cukup untuk kompresor kurang dari 10 kgf/cm2 (10,98 Mpa).

Dalam hal kompresor kerja tunggal dengan silinder tegak juga digunakan cincin penyapu minyak yang dipasang pada alur yang paling bawah dari alur cincin lain. Pada sebelah dalam dari alur cincin ini dipasang cincin penegang yang menekan cincin torak pada permukaan dalam silinder.

Dudukan katup dan sangkar katup dikencangkan dengan baut dan mur katup. Plat katup dipasangkan diantara dudukan katup dan sangkar katup. Plat katup ditekan pada dudukan katup oleh pegas katup. Bila perbedaan tekanan antara bagian dalam dan bagian luar katup menjadi lebih besar dari gaya yang ditimbulkan dari pegas katup maka plat katup akan terangkat dari udara akan mengalir melalui lubang-lubang lalu pada dudukan katup dan sangkar katup pada silinder.

3.      Poros engkol dan batang penggerak

Poros engkol ditumpu pada bantalan utama, batang penggerak dipasang pada pen engkol yang letaknya eksentrik pada sumbu putar. Pada titik yang berseberangan dengan pen engkol ini terdapat sumbu putar, terdapat pengimbang untuk mengurangi getaran pada waktu poros engkol berputar. Pada ujung poros engkol terdapat kopling untuk meneruskan daya dari penggerak utama. Jika kompresor digerakkan melalui sabuk V, maka ujung poros engkol dipasang sebuah puli V yang berfungsi pula sebagai roda daya. Poros engkol dipasang biasanya terbuat dari baja tempa.

Ujung yang besar dari batang penggerak dipasang pada pen engkol dan ujung yang kecil dihubungkan pada torak melalui pin torak pada kompresor kerja tunggal dan dihubungkan dengan kepala silang melalui pen silang pada kompresor kerja ganda. Pada kedua ujung ini dipasang melalui bantalan dipakai logam putih atau bantalan bola. Bantalan pada ujung agak kecil berbeda dengan bantalan biasa. Biasanya untuk dipergunakan paduan tembaga.

4.      Kotak engkol

Kotak engkol merupakan komponen paling penting dalam kompresor yang harus menopang bantalan utama poros engkol dengan kokoh. Bantalan utama tersebut harus menahan gaya inersia dari massa yang bergerak bolak-balik serta gaya pada torak. Dengan demikian kotak engkol yang harus berfungsi sebagai penopang minyak kebocoran harus diganti.

0 Response to "Bagian Bagian pada Kompressor Torak yang Harus Diketahui (Teknik Mesin)"