Pengertian Turbin dan Komponennya

Turbin gas merupakan peralatan pembangkit tenaga yang memanfaatkan langsung tenaga panas yang mengembang akibat pembakaran dari bahan bakar dan udara yang dikompresikan. Adapun sistem turbingas yang paling sederhana terdiri dari 3 komponen utama, yaitu: Kompressor, Ruang Bakar, dan Turbin.

1. Kompressor Udara

Compressor udara digerakkan langsung oleh turbin gas lewat poros kompresor udara yang mampu menghisap dan mengoperasikan udara sehingga mencapai 12 sampai 16 atm. Ini berfungsi untuk menekan udara kedalam ruang bakar untuk mempercepat proses oembakaran bahan bakar.

2. Ruang Bakar (Combustion)

Ruang bakar merupakan tempat terjadinya pembakaran bahan bakar dan udara. Dari proses ini menghasilkan gas panas dengan tekanan yang sangat tinggi dan keluar melalui nozzle yang mengarah ke sudu-sudu turbin dan akhirnya turbin menekan sudu-sudu tersebut.

3. Turbin

Turbin merupakan peralatan utama yang menggerakkan peralatan lain (Generator dan Kompressor). Putaran turbin ini merupakan akibat dari pancaran gas dengan tekanan tinggi yang mengarah ke sudu-sudu turbin.
Proses pembangkitan diawali dengan menjalankan motor starter sebagai penggerak mula sampai udara masuk kedalam ruang compressor dan mengalami proses pemampatan udara, pada ruang bakar (Combuster) di injeksikan bahan bakar.
Setelah udara bertekanan dan bahan bakar masuk, kemudian dinyalakan dengan igniter yang fungsinya sebagai busi sehingga terjadilah pembakaran yang mengakibatkan kenaikan temperature dan tekanan dalam ruang bakar. Tekanan ini kemudian akan menekan sudu-sudu turbin dan memutar turbin. Lalu energi mekanik ini di couple ke generator, menimbulkan fluks listrik, sehingga mengubah energi mekanin menjadi energi listrik. Sedangkan motor starter secara otomatis akan mati pada putaran 2100 rpm, setelah gas hasil pembakaran mampu memutar turbin, compressor, dan generator.
Sementara itu putaran kompressor dan turbin terus naik sampi 3000 rpm (Full Speed Nowload), selanjutnya energi listrik dari generator dinaikkan dari 10,15 Kv menjadi 150 Kv untuk blok 1 dan 500 Kv untuk blok 2 dan blok 3 melalui transformator utama kemudian dipararelkan dengan jaringan interknoneksi Jawa-Bali

0 Response to "Pengertian Turbin dan Komponennya"