Posisi-posisi Pengelasan Menurut Ilmu Pengetahuan

Posisi mengelas didasarkan pada kampuh-kampuh ata model sambungan benda kerja yang akan dilas. Ada 4 posisi dalam ilmu pengelasan

1. Posisi Mengelas Dibawah Tangan (Under Hand Position)

Posisi mengelas dibawah tangan yaitu mengalas dengan cara posisi benda kerja yang akan ingin dilas pada posisi bawah tangan. Bagian benda kerja yang akan dilas merupakan bagian permukaan yang rata (datar) atau agak miring dengan elektroda las (busur nyala). Pengelasan dengan cara ini dilakukan dengan mengatur kemiringan elektroda las 10-20 derajat terhadap garis vertical dan 70-80 derajat terhadap benda kerja yang akan dilas

2. Posisi Mengelas Vertical (Vertical Position)


Pada posisi pengelasan vertical. benda kerja yang akan dilas letaknya vertical dengan posisi welder. Pengelasan dengan posisi vertical merupakan pengelasan yang sulit dilakukan, karena elektroda yang mencari mengalir jatuh kebawah dan sering melekat tau menumpuk dibagian bawah benda kerja. Untuk menghindari jatuhnya elektroda cari kebawah, maka padat dilakukan dengan cara memiringkan posisi elektroda sekitar 10-15 derajat dari garis vertical dan 10-15 derajat dari garis horizontal.

3. Posisi Mengelas Horizontal (Horizontal Position)

Pada posisi pengelasan ini, benda kerja diletakkan dalam kedudukan horizontal. Sama dengan posisi vertical, pengelasan horizontal ini juga menuntut keterampilan yang lebih baik, karena carilan logam cenderung turun. Untuk menghindari itu semua, maka dapat dilakukan usaha yaitu mengatur kemiringan kedudukan elektroda 70-80 derajat terhadap benda kerja dan 10-20 derajat terhadap garis Horizontal.

4. Posisi Mengelas Diatas Kepala (Over Head Position)

Posisi benda kerja terletak diatas kepala welder (45 derajat kebawah). Pengelasan dengan posisi ini termasuk pengelasan yang rumit dilakukan dan paling berbahaya, karena arah lelehan logam cair melawan arah gravitasi. Jika keterampilan kurang memadai, tidak menutup kemungkinan welder akan tertimpa tetesan logam cair. Oleh karena itu mengelas dengan posisi ini hendaknya dilengkapi dengan pelindung badan lengkap dan sarung tangan. Untuk memperkecil resiko yang terjadi.

0 Response to "Posisi-posisi Pengelasan Menurut Ilmu Pengetahuan"