Alat Bantu yang Digunakan Untuk Pengelasan Logam

Alat-alat bantu las harus digunakan dengan benar sesuai fungsinya dan dengan teknik yang benar pula. Di samping itu cara penyimpanannya haruslah ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak saling bertumpukkan dan saling bergesekan satu sama lain. Alat-alat tersebut antara lain:
  • Meja Las
Meja las adalah tempat untuk menempatkan benda kerja pada posisi yang dipersyaratkan. Meja las harus diletakkan sedemikian rupa dan tidak mudah bergerak saat tersenggol atau saat welder melakukan pengelasan. Gunakan benda kerja lain saat mencoba penyalaan elektroda dan jangan dilakukan di meja las.
  • Palu Terak
Palu terak adalah alat untuk membersihkan terak dari  hasil pengelasan. Dalam menggunakan palu terak ini jangan sampai membuat luka pada hasil pengelasan maupun pada base metalnya karena luka bekas pukulan adalah merupakan cacat pengelasan. Palu terak sebelum digunakan dicek ketajamannya dan kondisinya apabila sudah tumpul, maka harus ditajamkan dengan menggerindanya. Setelah selesai menggunakannya, tempatkan palu terak pada tempatnya secara rapi.



  • Gerinda Tangan
Gerinda tangan ini berfungsi untuk menyiapkan material yang akan di las berupa penyiapan kampuh las. Gerinda ini juga digunakan untuk membantu dalam proses pengelasan khususnya dalam pembersihan lasan sebelum di sambung atau sebelum ditumpuki dengan lasan lapis berikutnya.Gerinda tangan ini juga digunakan untuk membantu dalam memperbaiki cacat las yang memerlukan penggerindaan dalam persiapanya sebelu diperbaiki cacat pengelasan tadi.

  • Sikat Baja
Sikat baja digunakan untuk membersihkan sisa terak setelah dibersihkan menggunakan palu terak.

  • Ragum
Ragum digunakan untuk memegang benda kerja saat dilakukan pemotongan bahan yang akan digunakan.

  • Penjepit Benda Kerja
Alat penjepit digunakan untuk memegang logam yang panas setelah mengalami proses pengelasan.



0 Response to "Alat Bantu yang Digunakan Untuk Pengelasan Logam"