Perencanaan dan Pengendalian Pesediaan Manajemen Produk

Manejemen Persediaan

Perencanaan persediaan berhubungan dengan penentuan komposisi persediaan, penentuan waktu atau penjadwalan, serta lokasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahaan yang diproyeksikan. Pengendalian persediaan meliputi pengendalian kuantitas dan jumlah dalam batas-batas yang telah direncanakan dan perlindungan fisik persediaan. Banyak pertimbangan dalam pengelolaan persediaaan, akan tetapi disini kita pusatkan perhatian pada aspek-aspek yang berhubungan dengan fungsi finansial dan peranan controller.

Pentingnya Pengelolaan Persediaan

Perusahaan merupakan investasi penting dan meminta perhatian yang besar dari controller dalam pengembangan teknik pengendalian dalam memelihara saldo persediaan yang cukup dengan biaya yang sekecil-kecilnya. Persediaan merupakan harta yang sensitif terhadap kekunoan, penurunan harga pasar, pencurian, pemborosan, kerusakan, dan kelebihan biaya sebagai akibat salah arus. Controller harus menganalisis persediaan secara mendetail dan menyediakan kepada manajemen laporan yang cukup, sehingga kondisi yang kurang baik dapat diperbaikki dengan segera.

Biaya Penyelenggaraan Persediaan

Biaya bunga dihitung apabila dipinjam uang mendapatkan persediaan atau modal kerja bunga atas persediaan atau modal kerja bunga atas pinjaman atau dapat dihitung imputed interested dengan menggunakan suatu tarif bunga yang setara dengan penghasilan atas investasi dalam alternatif lain. Biaya persediaan lain yang harus dikenal adalah biaya asuransi, pajak, biaya penggunaan dan penimpaan serta penyelenggaraan, kerugian kecurian, kerusakan, pengusutan, kekunoan, dan lain-lain. Jumlah semua biaya plus bunga, nudah mencapai 25% sampai dengan 40% dari nilai persediaan setahun. Oleh karena itu, controller mempunyai kesempatan untuk mengurangi biaya dengan cara memperbaikki pengelolaan persediaan.

0 Response to "Perencanaan dan Pengendalian Pesediaan Manajemen Produk"