Perlengkapan Pengelasan Pada Las Asitelin

Apa saja sih peralatan yang dipakai untuk pengelasan pada las asitelin? Ini dia:

BACA JUGA: BENTUK NYALA API LAS ASITELIN

1. Tabung Gas


Tabung gas berfungsi untuk menampung gas atau gas cair dalam kondisi bertekanan. Umumnya tabung gas dibuat dari baja, tetapi sekarang ini sudah banyak tabung-tabung gas yang terbuat dari paduan aluminium. Tabung gas tersedia dalam bentuk beragam mulai berukuran kecil hingga besar. Ukuran tabung ini dibuat berbeda karena disesuaikan dengan kapasitas daya tampung gas dan juga jenis gas yang ditampung. Untuk membedakan tabung gas apakah didalamnya berisi gas Oksigen, asetilen atau gas lainnya dapat dilihat dari kode warna yang ada pada tabung gas itu.


2. Katup Tabung

Sedang pengatru keluarnya gas dari dalam tabung maka digunakan katup. Katup ini ditempatkan tepat dibagian atas dari tabung. Pada tabung gas Oksigen, katup ini biasanya dibuat dari material kuningan, sedangkan untuk tabung gas asitelin, katup ini terbuat dari material baja.

3. Regulator

Regulator atau lebih tepat dikatakan Katup Penuntun Tekan, dipasang pada katub tabung dengan tujuan utnuk mengurangi atau menurunkan tekanan hingga mencapai tekanan kerja torch. Regulator ini juga berperan untuk mempertahankan besarnya tekanan kerja selama proses pengelasan atau pemotongan, Bahkan jika tekanan dalam tabung menurun, tekanan kerja harus dipertahankan tetap oleh regulator.
Pada regulator terdapat begain-bagian seperti saluran masuk, katup pengatur tekan kerja, katup pengaman, alat pengukuran tekanan tabung, alat pengukuran tekanan kerja dan katup pengatur keluar gas menuju selang.

4. Selang Gas

Untuk mengalirkan gas yang keluar dari tabung menuju torch digunakan selang gas. Untuk memenuhi persyaratan keamanan, selang harus mampu menahan tekan kerja dan tidak mudah bocor. Dalam pemakaiannya, selang dibedakan berdasarkan jenis gas yang dialirkan. Untu memudahkan bagaiman membedakan selang oksigen dan selang asitelin maka cukup memperhatikan kode warna pada selang.

5. Torch

Gas yang dialirkan melalui selang selanjutnya diteruskan oleh torch, tercampur didalamnya dan akhirnya pada ujung nosel terbentuk nyala api. Dari keterangan diatas torch memiliki 2 fungsi yaitu:
  1. Sebagai pencampur gas oksigen dan gas bahan bakar
  2. Sebagai pembentuk nyala api diujung nosel

0 Response to "Perlengkapan Pengelasan Pada Las Asitelin"