Alat-alat Pada Las Busur Listrik SMAW

Las busur listrik atau umumnya disebut dengan las listrik adalah suatu proses penyambungan logam dengan menggunakan tenaga listrik sebagai sumber panas. Jenis sambungan dengan las listrik ini adalah merupakan sambungan tetap dengan menggunakan busur listrik untuk pemanasan.

Prinsip oleh busur listrik terjadi karena adanya loncatan elektron dari elektroda melalui udara ke benda kerja. Elektron tersebut bertumbukan dengan udara/gas serta memisahkannya menjadi elektron dan ion positif. Daerah dimana terjadi loncatan elektron disebut busur (Arc). Menurut Bernados (1885) bahwa busur yang terjadi diantara katoda karbon dan anoda logam dapat meleburkan logam sehingga bisa dipakai untuk penyambungan 2 buah logam. Untuk menimbulkan busur nyala listrik, kedua elektroda dihubungkan singkat dengan cara disentuhkan lebih dahulu (Arcstarting) dan pada bagian yang bersentuhan ini akan terjadi pemanasan, hal ini mendorong terjadinya busur.

Alat-alat las SMAW dibedakan menjadi 3 kelompok:

  1. Alat Utama, Alat utama pada las busur manual dalam pengoperasiannya harus sesuai SOP yang berlaku.
  2. Alat bantu, Alat bantu las harus digunakan dengan benar sesuai dengan fungsinya dan dengan teknik yang benar pula. Disamping itu cara penyimpanannya hasruslah ditempatkan sedemikian rupa sehingga tidak saling bertumpukkan dan saling bergesekan satu sama lain.
  3. Alat keselamatan kerja, Alat keselamatan kerja atau K3 ini sangat diperlukan disaat kita melakukan pengelasan. Alat keselamatan kerja juga harus dipakai sesuai fungsinya.

0 Response to "Alat-alat Pada Las Busur Listrik SMAW"