Pentingnya Etika Didalam Kehidupan Kita

Manusia adalah individu yang khas artinya setiap manusia berbeda satu dengan tidak ada yang sama kepribadiannya walaupun manusia kembar identik. dengan kepribadian khas ini akhirnya setiap manusia mempunyai gaya sendiri-sendiri dalam berperilaku. dan pada dasarnya manusia selalu ingin berbuat dan bertindak bebas dalam kehidupan sehari-hari agar manusia sesuai nilai nilai yang dimasyarakat maka diperlukan etika disegala lini kehidupan.
Peranan etika antara lain :

A. Menghormati kepentingan orang lain.
     
Salah satu kebutuhan manusia menurut  Maslow adalah aktualisasi diri. Artinya sadar atau tidak ternyata manusia selalu ingin berekspresi, beraktifitas disegala hal sesua dengan bidang masing masing. Akibat dari aktifitas tersebut maka tentunya ada prestasi yang dicapai, dan untuk prestasi tersebut sudah sewajarnya jika kita memberikan selamat. selanjutnya tindakan menghormati orang lain tersebut berlaku untuk semua orang termasuk diri kita sendiri walaupun itu secara sadar kita harapkan atau tidak.

B. Menghormati pendapat orang lain.

Pada sebuah pertemuan atau rapat banyak pendapat dan ide-ide yang disampaikan tidak semua pendapat saran atau ide pesrta rapat diterima, dan ketika pertemuan usai semua bisa pulang dengan rasa lega dan puas. Mengapa bisa demikian? hakekat dari sukses tidaknya suatu pertemuan bukan pada siapa kuat itu yang menang. Tetapi pada masalah penghormatan akan ide atau pendapat orang lain. Masalah pendapat diterima atau tidak pada suatu pertemuan itu bukan maslah yang mendasar. Tetapi yang paling penting adalah penghargaan kita mau  mendengarkan dengan seksama dan teliti setiap pembicaraan orang lain.

C. Menghormati ambsisi orang lain.

Jika anda aktivis suatu perkumpulan atau seorang pegawai suatu kantor, pastinya mempunyai target untuk mencapai hasil kerja yang maksimal. Sesorang yang bekerja dengan penuh semangat dalam rangka mencapai cita-cita profesinya asal dengan cara yang sesuai dengan aturan yang positif dan sehat dan dalam bekerja, maka tidak ada salahnya teman tersebut kita hargai ambisinya untuk mencapai hasil yang dia inginkan. Jika kita bekerja dengan jujur, baik dan produktif, tentunya kita juga punya kesepatan yang sama untuk mencapai cita cita kita.

D. Mengusahakan segala kemampuan untuk kepentingan tim 

Dalam hidup bermasyarakat ada aktifitas yang merupakan kebutuhan bersama. Maka kita harus bekerja secara team work, artinya kita harus bisa bekerja secara kelompok, setiap individu merupakan bagian dari yang lain. Keberhasialn individu merupakan keberhasilan bersama. Dikampung ada  warga menyumbang bahan untuk membuat pos jaga kampung. Bangunan tidak akan berdiri jika tidak ada tukangnya, ongkos tukangnya, konsumsi, dan kelengkapan lain, yang berasal dari bantuan para warga. maka jelas etika berperanan mengatur tata cara bergaul atau bermsyarakat secara implisit atau tersirat. Kebersamaan dalam bentuk team work atau bekerja secara kelompok maka segala kesulitan akan teratasi. Akhirnya pos jaga kampung bisa berdiri

E. Mengerti dan memahami adanya sikap saling memberi dan menerima

Sebaiknya setiap individu mempunyai sikap take and give. Kita harus peka pada situasi disekitar kita. Ketika seseorang membantu kita sudah selayaknya jika kita suatu ketika ganti membantu teman kita tersebut. Tetangga terkena musibah atau terkena hajat maka sudah sewajar jika kita membantu, tentunya sesuai dengan kemampuan. Kita tidak boleh egois, bahwa sikap saling memperhatikan akan menguntungkan kedua belah pihak. Dimanapun kita berada, bekerja, berteman, alangkah baiknya jika mempunyai sikap saling memberi dan menerima.




0 Response to "Pentingnya Etika Didalam Kehidupan Kita"