7 Langkah Sehat Untuk Mengatasi Kemarahan

Kemarahan dapat didefinisikan sebagai "perasaan ketidaksenangan yang kuat yang timbul karena emosi yang tidak stabil dan biasanya bermusuhan". Kemarahan dapat menyebabkan orang kehilangan kepercayaan, harga diri, kredibilitas, gangguan kesehatan, dan kehancuran karier. Bukan hanya itu kemarahan menyebabkan orang bisa membunuh, kemarahan pula dapat menyebabkan permusuhan antar keluarga dan perang yang menyengsarakan jutaan orang dan mengorbankan ribuan nyawa.

7 langkah sehat untuk mengatasi kemarahan :

  • Kenali Kemarahan Yang Sedang Anda Rasakan
Walau terdengar cukup sederhana, tetapi dalam banyak kasus, hal ini merupakan rintangan paling besar yang kita hadapi. "Kemarahan mungkin disangkal karena kita merasa bersalah atau takut akan hal itu," kata Dr. Leo Madow. Akibatnya perasaan itu kembali masuk, dimana perasaan itu akan memburuk.
  • Cari Tahu Apa Yang Membuat Anda Marah
Ajukan pada diri Anda sendiri pertanyaan yang sangat penting apa ini pantas untuk menjadi alasan kemarahan? Kalau alasan yang telah menyentil Anda itu sepele, seperti halnya dalam kebanyakan hal, lupakan. Jika Anda melupakannya, maka sumber kemarahan Anda bisa jadi melampaui peristiwa sederhana ini. Carilah penyebab yang menggarisbawahi permusuhan Anda. Bawalah perasaan Anda ke permukaan dan hadapi.
  • Gunakan penyangkalan
Daripada menggelorakan kemarahan dengan pikiran "Dia pikir dia itu siapa, memperlakukan aku dengan curang begini!" sarankan diri anda bahwa mungkin saja orang ini mengalami hari yang buruk. Munculkan pembenaran yang masuk akal untuk perilaku tersebut sesuatu yang dapat anda pahami dan cari kaitannya.
  • Hitung sampai sepuluh, latih kesdaran napas, atau latihan relaksasi
Para psikologi setuju atau tidak ada manfaat apapun dalam pembalasan dendam. Tenangkan diri anda terlebih dahulu, baru kemudia bahas konflik itu secara rasional.
  •  Sampaikan ketuhan anda tanpa menyerang orang lain
Dibutuhkan taktik dan keterampilan berkomunikasi yang baik. Nasihat penting dalam hal ini adalah menyampaikan keluhan dengan menggunakan " Saya " , bukannya " Anda ". Sebagai contoh, bukannya berkata " Anda bertindak tidak adil Anda salah " , akan jauh lebih efektif jika mengatakan "Saya sakit hati. yang anda lakukan tidak memperhitungkan kebebasan saya "

  • Dengarkan
Teknik ini sulit dikuasai, tetapi latihlah. Dengrkan dengan perhatian. Dan atas semua itu, cobalah memahami. Ini merupakan langkah kunci dalam memecahakan konflik itu bagaimanapun juga merupakan kunci untuk membebaskan kemarahan Anda secara aman.

  • Maafkan
"Ketika anda memaafkan seseorang [ termasuk memaafkan diri Ana sendiri ], banyak perubahan fisiologis dan psikologis yang secara positif mengambil ahli", tulis Rick Ingrasci, M.D. "Anda merasa hangat lebih santai, Anda mendesah bernafas lega, hati Anda merasa hangat, tekanan darah dan detak jantung jantung anda turun, bahkan anda menangis .tetapi,yang paling penting,melalui pemberian maaf,anda mengalami kasih yang merupakan pokok dari hubungan Anda.Anda ingat bahwa anda mempedulikan orang ini,dan adar bahwa hal ini barangkali menjadi alasan mengapa perilaku mereka begitu menyakitkan pada mulanya.

0 Response to "7 Langkah Sehat Untuk Mengatasi Kemarahan"