BAB 1 Pendahuluan Skripsi Conveyor Kapasitas 32 ton/jam

BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang Masalah
Di dalam suatu industri, bahan dan material yang digunakan kadangkala merupakan bahan yang berat maupun berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu diperlukan alat transportasi untuk mengangkut bahan dan material tersebut diperlukan mengingat keterbatasan kemampuan tenaga manusia baik itu berupa kapasitas bahan yang akan diangkut maupun keselamatan kerja dari manusia itu sendiri.
Salah satu jenis alat transportasi untuk mengangkut material adalah conveyor. Conveyor digunakan pada berbagai industri tersebut. Material yang diangkut mulai dari raw material hingga hasil produksi, termasuk memindahkan material antar work station. Perkembangan mengenai teknologi conveyor sudah banyak di desain dengan berbagai macam tipe dan fungsinya, salah satunya adalah belt conveyor. Fungsi belt conveyor adalah untuk mengangkut muatan satuan (unit load) atau muatan curah (bulk load). Penggunaan conveyor pada industri pengecoran logam saat ini masih konvensional pada proses pemindahan materialnya, untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai belt conveyor untuk meningkatkan efisiensi proses pemindahan material pada industri pengecoran logam.
Perkembangan jaman yang semakin canggih membuat alat-alat yang di ciptakannya juga semakin bagus, dan canggih, seperti belt coveyor ini. Sejarah belt conveyor atau ban berjalan telah menjadi bagian tak terelakkan dari transportasi material. Tapi itu pada tahun 1795 bahwa ban berjalan atau belt conveyor menjadi alat populer untuk menyampaikan bahan massal. Pada awalnya, belt conveyor ban berjalan yang digunakan hanya untuk memindahkan karung biji-bijian untuk jarak pendek. Sabuk belt conveyor sistem dan kerja yang cukup sederhana di hari-hari awal. Sistem belt conveyor memiliki tempat tidur kayu datar dan sebuah sabuk yang melakukan perjalanan di atas tempat tidur kayu. Sebelumnya, belt conveyor ban berjalan terbuat dari kulit, kanvas atau karet. Sistem belt conveyor primitif sangat populer untuk menyampaikan barang berukuran besar dari satu tempat ke tempat lain. Pada awal abad ke-20, aplikasi belt conveyor atau ban berjalan menjadi lebih luas.



1.2.            Rumusan Masalah
Dengan meninjau latar belakang tersebut di atas maka, dapat dirumuskan permasalah sebagai berikut:
Perancangan trought belt conveyor pengangkut bentonit dengan kapasitas 32 ton/jam.

1.3.            Batasan Masalah
Batasan masalah pada perancangan ini adalah:
1.      Komponen-komponen mesin yang digunakan sesuai dengan standar yang telah ada.
2.      Pemilihan sprocket, poros, bantalan, pnuematic, rantai, dan sensor.
3.      Jenis motor yang digunakan PE-EI Moger Motor.
4.      Pemilihan control electric pada conveyor.
5.     Pemilihan bahan material yang digunakan.

1.4.            Tujuan Perancangan
Tujuan penulisan skripsi ini adalah merancang dan membuat mesin belt conveyor yang digunakan untuk mengangkut bentonit pada pengecoran logam untuk membuat pasir cetak.

1.5.            Manfaat Penelitian
·         Bagi mahasiswa adalah sebagai sarana meningkatkan kreativitas, inovasi serta penerapan ilmu yang diperoleh selama kuliah.

·         Bagi dunia industri adalah sebagai refrensi dalam memberikan suatu masukan yang bermanfaat dalam mengembangkan industrinya dan meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam pembuatan produk.

0 Response to "BAB 1 Pendahuluan Skripsi Conveyor Kapasitas 32 ton/jam"